PERTEMUAN PENINGKATAN WORK SHOP KAPASITAS PEMEGANG PROGRAM IMUNISASI PUSKESMAS, RUMAH SAKIT DAN KLINIK DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUTAI BARAT.

PERTEMUAN PENINGKATAN WORK SHOP KAPASITAS PEMEGANG PROGRAM IMUNISASI PUSKESMAS, RUMAH SAKIT DAN KLINIK DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUTAI BARAT.

Peningkatan Kapasitas bagi Pemegang program Imunisasi Puskesmas,Rumah Sakit dan Klinik Program Imunisasi merupakan program yang cost efektif untuk menurunkan angka kematian maupun kesakitan terutama yang disebabkan oleh PD3I.

Untuk mencapai efektifitas dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian tersebut diperlukan pencapaian cakupan imunisasi yang tinggi dengan kualitas pelayanan sesuai standart yang ditetapkan. Upaya imunisasi yang berkualitas perlu ditingkatkan untuk mencapai tingkat population immunity ( kekebalan masyarakat) yang tinggi sehingga PD3I dapat dibasmi, dieliminasi atau dikendalikan.

yang khusus. Sistem pencatatan dan pelaporan dari Desa (Pusban/Polindes) ke Puskesmas  kemudian ke Kabupaten masih belum maksimal, masih terdapat under reporting dan over reporting, perlu dilakukan DQS (Data Quality Self Assesment) agar didapatkan data akurat, sehingga dianggap perlu Peningkatan Kapasitas Petugas Imunisasi  dengan harapan data sasaran yang telah mendapatkan Imunisasi dasar lengkap dari tingkat desa sesuai dengan dilaporkan akurat sampai tingkat  Kabupaten.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, pengelolaan vaksin harus diperhatikan mulai dari penyimpanan di Kabupaten dan Puskesmas sampai vaksin digunakan ke sasaran harus dalam kondisi baik. Kegiatan EVM (Effective Vaccinne Management) dengan prinsip jaga mutu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan imunisasi Oleh karena jumlah Capaian IDL dan UCI  yang tidak tercapai tentunya membuat cakupan masih terbatas, maka dipandang perlu untuk mengembangkan layanan lainnya melalui di adakanya, Pertemuan Peningkatan Kapasitas bagi Pemegang program Imunisasi Puskesmas,Rumah Sakit dan Klinik untuk tercapainya cakupan IDL dan target UCI.

dinkes2023
https://dinkes.kutaibaratkab.go.id

Leave a Reply